Monday, May 24, 2010

SEJUTA MOTIVASI ANAK NEGERI

Tentang Kami…
Sejuta Motivasi Anak Negeri adalah gerakan berbagi motivasi anak-anak muda Indonesia untuk anak-anak yatim dan duafa di seluruh penjuru Indonesia untuk bersemangat mencapai masa depan yang gemilang. Berikut adalah cerita di balik gerakan kami ini.
Sejuta Keajaiban
Ada sahabat yang baru-baru ini bisa pergi ke Singapura dengan jalan yang indah. Tak perlu menabung keras untuk kesana, seperti yang dilakukan orang-orang pada umumnya. Gak cuma menikmati jalan-jalan dan pengalaman baru tentunya, bahkan kesana pun dibayar karena memimpin sebuah project pelatihan untuk anak-anak Singapura.
Ada sahabat yang akhirnya dengan waktu singkat, hanya sekitar dua bulan bisa menyelesaikan skripsinya. Baru bimbingan yang ketiga sudah langsung diminta mengambil data untuk bab IV. Padahal sebelumnya ia hampir putus asa, tak tau bagaimana menyelesaikan kuliahnya yang sudah bertahun-tahun itu.
Ada lagi sahabat yang lain yang pendapatannya drastis berlipat-lipat bahkan dengan tunjangan fasilitas liburan yang begitu menarik. Bahkan yang menarik ada juga sahabat kami yang menikmati omset marketingnya menjadi ratusan juta rupiah dengan drastis.
Dan ada lagi, ada lagi, ada lagi sahabat yang lain yang merasakan keajaiban-keajaiban begitu berlimpah…
Begitu banyak cerita lain yang terangkum dalam kisah belajar berbagi kami ini. Kisah belajar yang kami rangkum dalam garakan bernama SEJUTA MOTIVASI ANAK NEGERI. Alhamdulillah segala puji milik Allah yang menghadirkan rangkaian episode hidup terindah selama kami belajar berbagi ini. Hidup yang kami sebut dengan limpahan keajaiban-keajaiban. Indah betul hidup ini jika setiap waktu yang kita milki penuh dengan keajaiban-keajaiban. Sesuatu yang kita rasakan susah pun begitu mudah untuk dijalani. Waktu yang panjang untuk mencapai mimpi yang diharap, menjadi begitu pandek. Bahkan bonusnya masa-masa penantian menuju mimpi besar itu dipenuhi dengan episode-episode hidup yang dipenuhi dengan rangkaian kebahagiaan terpenuhi mimpi-mimpi kecil lainnya.
Bulan Februari 2010, genap satu tahun sudah anak-anak muda yang belajar berbagi ini bergulir. Dimulai dari niat yang begitu besar untuk membagi apapun yang kami punya akhirnya cerita ini bermula. Bukan bermula dari harta yang selalu harus melimpah ternyata untuk berbagi. Kami mulai dari sedikit ilmu dan pengalaman kami menangani pendidikan dan pelatihan anak–anak Al-Azhar sebelumnya. Kami mulai dengan membuat pelatihan motivasi belajar. Kami ramu dengan permainan-permainan dan materi keilmuan sehingga membuat acara ini menarik. Alhamdulillah, dengan setetes ilmu itu akhirnya menjadi binaran-binaran cahaya semangat adik-adik kami yang yatim dan duafa. Alhamdulillah tak terhingga, 22 event berbagi yang kami jalani. Alhamdulillah, tercatat labih dari 15 panti se-Bandung dan Tangerang pernah merasakan silaturahmi indah ini. Bahkan Alhamdulillah, saat ini, setiap dua minggu sekali gerakan ini kami perbesar, dari yang sebelumnya hanya sebulan sekali. Diantara panti-panti yang telah kami kunjungi dari bulan Februari 2009 sampai dengan 2010 adalah :

1. Panti Rumah Yatim Jln. Cemara (3x)
2. Panti Al-Kautsar (2x)
3. Panti Al-Barr (4x)
4. Panti Muhammadiyah Jln.Nilem
5. Panti Yatim Indonesia
6. Panti Daarul Mutmainnah (2x)
7. Panti Darul Ihya
8. Panti Mizan Amanah (2x)
9. Panti Sakinah
10. Panti Yapita
11. Panti Islamic Village
12. Panti Jabal 165
13. Panti Amanta
14. Panti Bayi Sehat
15. Panti Kuncup Harapan
16. Panti Alfien

Gerakan ini tak hanya kami jalani sendiri. Alhamdulillah begitu banyak pertolongan yang Allah hadirkan. Banyak teman yang akhirnya ikut bergabung dalam kegiatan ini. Tak kurang 30 orang yang senantiasa bergilir berpartisipasi dalam gerakan ini. Diantara partisipasi yang telah mereka lakukan adalah :
1. Partisipasi Ide
Memberikan ide-ide cemerlang untuk memajukan acara pelatihan yang selama ini kami kembangkan.
2. Partisipasi Tenaga
Menjadi fasilitator kelompok atau team support untuk menjadi pelaksana di hari “H” kegiatan.
3. Partisipasi Gift
Menjadi penyedia hadiah untuk anak-anak yatim dan duafa. Bisa dalam tiga bentuk, yaitu:
• Kue Ulang Tahun, mengingat anak-anak panti jarang diberikan penghargaan saat acara ulang tahunnya. Salah satu bagian acara ini adalah “surprise party” buat anak-anak yang ulang tahun di bulan tersebut.
• Gift Personal, untuk setiap anak ( biasanya dalam bentuk makanan, perlengkapan pribadi atau alat tulis dan atau barang-barang yang disesuaikan dengan kebutuhan anak dipanti tersebut)
• Doorprize kegiatan, hadiah untuk anak-anak yang mampu menjawab pertanyaan trainer, atau yang berani tampil ke depan.
• Makanan , untuk makan siang bersama anak-anak dan pengurus panti serta tim yang terlibat “epos” pada hari itu.
4. Partisipasi Dana
Membantu menitipkan dana kegiatan, seberapapun jumlahnya, yang kemudain kami gabung dengan dana partisipan lain sehingga melengkapi seluruh kebutuhan kegiatan ini.

Insya Allah, dengan segala kekuatan yang Allah berikan lewat tangan-tangan sahabat partisipan yang senantiasa mendukung kegiatan ini, kami akan melanjutkan proses pembelajaran hidup kami sebagai anak muda yang sangat ingin banyak berbagi. Gerakan ini kami tujukan untuk menggelorakan semangat berbagi sejak dari usia muda. Berbagi dari apapun kemapuan yang kita miliki. Tidak harus memiliki uang yang banyak dalam berbagi. Mimpi kami dapat menginspirasi 40 juta anak-anak muda Indonesia yang gemar berbagi. Jika kita punya kemampuan dalam matematika, psikologi, biologi, seni, desain, atau mungkin bidang-bidang lainnya kenapa tidak mulai bergerak untuk mengajarkan apapun yang kita punya itu kepada adik-adik kita yang duafa?.
Dan janji-Nya begitu pasti, melimpahkan berjuta keajaiban, kemudahan-kemudahan hidup bagi mereka yang mau berbagi. Sehingga tak hanya membahagiakan adik-adik yatim dan duafa kegiatan berbagi kita. Tak hanya menyalakan semangat belajar dan berprestasi mereka sehingga menyala pula sinar-sinar mata mereka. Tak hanya membuat cengkram tangan dan kaki mereka lebih kuat menatap masa depan. Tak hanya itu, karena sesungguhnya dengan berbagi kita membuka pintu-pintu harapan masa depan kita sendiri yang semakin cerah. Teman-teman muda Indonesia, yuk kita isi hari-hari kita dengan berbagi untuk menjemput limpahan berjuta keajaiban dalam kehidupan kita. Insya Allah kami tunggu di event SEJUTA MOTIVASI ANAK NEGERI selanjutnya…..!!!

0 comments:

Post a Comment