Tuesday, May 11, 2010

EPOS ( Energi Positif ) for INDONESIA

Belajar merupakan aktivitas terpenting dalam meraih masa depan yang gemilang bagi setiap orang. Namun tidak semua orang mampu melaksanakan aktivitas ini dengan baik. Masalah terbesar yang dihadapi dalam proses pembelajaran adalah masalah kemauan atau motivasi untuk mempelajari sesuatu itu sendiri. Tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga pada anak anak, mereka menghadapi hal yang sama. Tidak sedikit dari kita belajar karena ada tuntutan ujian atau mungkin tuntutan dari orang tua untuk meraih nilai yang baik di sekolah. Belajar kemudian menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan dilakukan sendiri tapi menjadi sekedar menggugurkan kebutuhan.
Fenomena ini terjadi karena sumber motivasi belajar yang masih lemah diantara para peserta didik itu sendiri. Mereka lebih terbiasa untuk belajar karena tujuan jangka pendek yakni seperti lulus ujian, mendapatkan nilai yang baik atau agar tidak tinggal kelas. Ada sumber motivasi yang perlu ditingkatkan pada peserta didik kita yakni tujuan jangka panjang atau dengan kata lain pemahaman tentang cita cita yang ingin mereka peroleh di masa depan. Gambaran masa depan seperti apakah yang ingin mereka miliki? Semakin jelas gambaran itu dan pengorbanan seperti apa yang harus mereka lakukan akan menjadi semangat yang besar dalam belajar. Dengan motivasi individu yang kuat akan mendorong setiap anak untuk merasakan belajar sebagai sebuah kebutuhan dan hal yang menyenangkan karena mereka menyadari betul alasan dan manfaat yang dapat mereka peroleh. Hal – hal seperti ini masih jarang mendapatkan perhatian di pendidikan formal.
Padahal sangat penting untuk generasi muda kita. Oleh karena itu, mengadakan pelatihan epos ini untuk membangkitkan semangat belajar generasi muda melalui pembangunan cita cita yang kuat.
Kami ingin sekali berkontribusi untuk kemajuan bangsa ini melalui pembangunan generasi muda yang memiliki cita cita atau gambaran masa depan yang kuat. Sehingga generasi muda penerus bangsa ini dapat senantiasa bersemangat dalam belajar. Untuk itu setiap bulannya Pandawa melakukan pelatihan ini juga untuk anak anak yatim, dhuafa & anak jalanan sehingga mereka juga bersemangat menatap masa depannya sebagaimana anak anak lain yang hidup dengan beragam fasilitas. Pelatihan ini dilaksanakan secara gratis dengan melibatkan anak – anak panti asuhan di Bandung dan luar Bandung. Pelatihan ini dilaksanakan dengan durasi sekitar 24 jam.
Kami mengemas kegiatan dalam bentuk permainan dan simulasi menyenangkan. Sehingga kami berharap kegiatan ini dapat menjadikan libur sekolahnya menjadi sesuatu yang special, sarat makna dan ilmu ibadah untuk membentuk pribadi yang lebih baik. Kami juga berharap silaturahmi dan saling berbagi ini mampu meningkatkan semangat belajar adik adik yatim piatu, dhuafa & anak jalanan serta meningkatkan kepedulian generasi muda dari kami untuk senantiasa berbagi dengan apapun yang kami miliki.

Rancangan Acara Pelatihan Anak EPOS ( Energi Positif )
Sabtu
Waktu Acara Deskripsi Acara
14.00-14.15 Pengkondisian u/pembukaan acara Peserta berkumpul dan dikondisikan untuk mengikuti acara pembukaan.
14.15-14.45 Pembukaan Acara Acara pembukaan berupa sambutan formal dari pihak panti dan Pandawa serta do’a untuk keberkahan acara.
14.45-15.15 Sholat Ashar berjamaah Sholat ashar berjamaah dilanjutkan tilawah perkelompok
15.15-15.45 Ice Breaking, Perkenalan & Pengelompokan
Pemberian games untuk menjalin keakraban antar tim AHa dan peserta. Dilanjutkan dengan pengelompokan peserta berdasarkan level pendidikan.
15.45-16.15 Group Fun Games Penyampaian Materi tentang “Meraih Impian” yang disampaikan dalam media permainan kompetisi antar kelompok yang menyenangkan.
16.15-16.45 Pengantar Materi 3G
- Get Dreams
- Get Spirit
- Get Share
Pemutaran film motivasi singkat tentang prestasi hidup yang hebat. Pemutaran film ini akan ditujukan agar anak anak termotivasi meraih prestasi yang hebat dalam hidupnya termasuk bersemangat membuat rancangan perjalanan menuju impian.
16.45-17.00 Quiz “Gratitude Tree”
Kompetisi mendapatkan hadiah-hadiah yang terdapat di pohon hadiah “Gratitude Tree” dengan menjawab pertanyaan seputar aktifitas dan ibadah keseharian.
Aktifitas ini menggambarkan bentuk penghargaan untuk setiap perjuangan.
17.00-17.45 IBM
(Individual Body Maintenance)Acara bersih diri, persiapan pelaksanaan ibadah selanjutnya.
17.45-18.15 Sholat Magrib Berjamaah
Sholat Maghrib berjama’ah dan penanaman ibadah keseharian.
18.15-19.30 Ibadah Harian
Waktu Istirahat yang disesuaikan dengan Kebudayaan yang telah diterapkan di Panti Asuhan.
19.30-20.00 Energizer dan pengondisian menuju Aktifitas berikutnya Pengondisian peserta sebelum memasuki materi, diharapkan peserta mendapatkan kenyamanan sebelum memperoleh ilmu.
20.00-20.45 Materi 3G
Penyampaian Materi melalui beberapa aktifitas dan penayangan beberapa contoh orang-orang yang selalu bersemangat dalam meraih impian.
20.45-21.00 Istirahat dan pengkondisian tidur
Pembiasaan Adab tidur sesuai tuntunan Rosul Fasilitator akan mendampingi anak anak menjelang tidur untuk mengajarkan adab tidur sesuai tuntunan Rosululloh.
21.00-03.15 Tidur

Minggu
Waktu Acara Deskripsi Acara
03.15-03.45 Persiapan Tahajud
03.45-04.30 Tahajud dan Doa Bersama
Penanaman pembiasaan ibadah harian dan pehaman tentang manfaat dan keistimewaan Qiyamul Lail
04.30-05.00 Sholat Subuh dan Tilawah
Pembiasaan Ibadah harian
05.00-05.30 Morning Spirit
Aktifitas senam ceria di pagi hari
05.30-08.00 Istirahat-Acara Pribadi Bersih diri dan aktifitas kebersamaan
08.00-08.30 Ibadah Sholat Dhuha
Penanaman budaya sedekah di pagi hari dengan menerapkan sunnah Rosululloh SAW
08.30-10.30 Outdor Activity
Penyampaian Materi melalui kegiatan aktifitas di Lapangan dengan konsep semi Outbound, diharapkan adik adik dapat merasakan lansung pengalaman dalam aktifitas yang akan dikerucutkan ke dalam kehidupan sehari hari.
10.30-11.00 Review Outdor Activity
Penyampaian Materi melalui “Experential Learning”, yakni pembelajaran dari pengalaman.
11.30-12.00 Sholat Dzuhur Berjamaah Pembiasaan Ibadah harian
12.00-12.30 Ibadah Makan Siang
Menanam rasa kebersamaan melalui acaramakan bersama.
12.30-13.00 Surprise Party dan Pembagian Hadiah
Wujud penghargaan kepada adik adik yang berprestasi dalam kegiatan pelatihan Anak Hebat.
13.00-13.30 Penutupan Kegiatan dan Mushofahah
Akhir dari seluruh rangkaian acara, dengan formalitas dan sambutan dari beberapa pihak.

0 comments:

Post a Comment